Sebagaimana kota di banyak negara berkembang, Jakarta terus melaju. Semuanya berkembang cepat. Pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk dan gaya hidup yang kian bergegas. Kota ini sudah hampir setara dengan Hongkong dan Guang Dong di negeri China.
Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchou mengatakan bahwa Jakarta saat ini merupakan salah satu pusat gaya hidup di Asia Tenggara. Hal ini sama dengan Hong Kong yang merupakan pusat bisnis, desain, dan gaya hidup di Asia. "Sedangkan Guang Dong merupakan pusat manufaktur yang kini banyak memproduksi produk gaya hidup," kata Liu di sela pameran Lifestyle Expo Jakarta (LEJ), yang mulai digelar Kamis kemarin.
Karena itu, Liu mengharapkan LEJ tidak hanya meningkatkan kerjasama ekonomi di antara ketiga kota tersebut, melainkan juga bisa mendorong pertukaran budaya serta hubungan diplomatik Indonesia dan China.
Hubungan dagang antara Indonesia dan China belakangan ini memang berkembang pesat. Transaksi perdagangan bilateral antara China-Indonesia pada 2011 meningkat 42 persen dengan nilai US$60 miliar. Sementara Pada 2011, kerjasama ekonomi Indonesia-Hong Kong mencapai US$5,8 miliar.
"Nilai tersebut masih terbilang kecil, karena itu kami mengharapkan lewat Lifestyle Expo Jakarta, kerjasama ekonomi Indonesia-Hong Kong bisa terus tumbuh," ujarnya.
Direktur Eksekutif Hong Kong Trade Developmnet Center (HKTDC), Fred Lam, juga berharap Lifestyle Expo Jakarta bisa menjadi platform yang tidak hanya meningkatkan hubungan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan China, terutama Hong Kong dan Provinsi Guangdong, tapi juga bisa membuka kesempatan partnership antara Indonesia dan Hong Kong.
Antusiasme terhadap pameran yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, 15-17 Maret ini terlihat dari jumlah pengunjung yang memenuhi registration booth. Di dua jam pertama, pengunjung sudah mencapai angka 1100 orang.
Lam mengungkapkan pihak HKTDC tidak menetapkan target pengunjung, meskipun demikian, jumlah buyer yang mendaftar untuk datang ke pameran mencapai 14 ribu. "Buyer yang mendaftar pun tidak semuanya datang dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, sekitar 20 persen buyer datang dari Singapura, Malaysia, dan Filipina," ujar Lam.
Jika Anda ingin melihat foto-foto Lifestyle Expo Jakarta, silakan klik tautan ini.
• VIVAnews